Beranda > Kuliner > Lontong Balap… go !!!

Lontong Balap… go !!!

Back to kuliner… yup kali ini masakan khas Surabaya, Lontong Balap, hmm kebayang nggak.. jika lontong beradu diarena balap alias perut kita😀 konon kabarnya cerita dahulu kala lontong balap masih dijual dalam gentong-gentong yang berat dan dipikul ke seluruh kota. Gentong-gentong yang berat menyebabkan para penjual lontong balap ini seraya memikul harus berjalan cepat-cepat, menimbulkan kesan berpacu (dalam bahasa Jawa: balapan). masakan ini terdiri dengan kecambah (taoge), lontong (yaeyalah pasti), tahu goreng, lentho (semacam singkong) bawang goreng, kecap dan sambal. rasa kuah yang beraksen bawang putih yang kenceng abiss, membuat ketagihan bagi para penggemarnya. apalagi dipadukan sambal petis yang pedes bikin gemrobyos. masih ditaburi  bawang goreng makin memantapkan cita rasa brambang puoll hehe

Lontong Balap Khas surabaya (foto inijie.com)

  1. Pak Bambang Nunggang Byson
    9 Oktober 2011 pukul 05:52

    apik apik apik

  2. 9 Oktober 2011 pukul 06:21

    Hmmmmm

  3. 9 Oktober 2011 pukul 10:43

    mak slurup..

    • 9 Oktober 2011 pukul 14:38

      ancen degan dislurup ke? xixixi

  4. 9 Oktober 2011 pukul 11:25

    wah kecambah

    • 9 Oktober 2011 pukul 14:38

      ben tambah greng pakde😀

  5. 9 Oktober 2011 pukul 13:12

    koncone bledug balap ta..

    • 9 Oktober 2011 pukul 14:36

      yo’i ndi wonge? diajak balapan lontonge:mrgreen:

  6. 9 Oktober 2011 pukul 16:05

    lontonge campur Superkips enek pora Pak Dar..

    • 9 Oktober 2011 pukul 18:40

      hmmm mak nyuuz kang😀

  7. 9 Oktober 2011 pukul 22:30

    sebentar lagi saya balap situ punya klx 150 xixixi mohon bimbingannya

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    • 10 Oktober 2011 pukul 07:21

      weleh percaya daah, orang astra gajinya itu loh… nggak kuku xixixi

  8. dhuwur
    10 Oktober 2011 pukul 09:14

    wah,, ko rapatek seneng kecambah je,, nek toge rodo seneng sih,, hihihi

  9. 10 Oktober 2011 pukul 13:30

    ono seledri-ne nggak pak?? sayuran paling takbenci:mrgreen:

    • 10 Oktober 2011 pukul 13:34

      huu pasti enek seledrine, piye to wong malang gak seneng brambang? wakakaka

  10. 11 Oktober 2011 pukul 23:42

    asem-asem bojonegoro kapan diliput? hihihihi

    • 11 Oktober 2011 pukul 23:44

      pisan lele mbak rum. eh wes tau ding..

    • 12 Oktober 2011 pukul 08:49

      kepengin tah? kapan2 sam xixixixi

  11. 30 Desember 2011 pukul 14:54
  12. jl bukit berbunga 13 batu
    29 Agustus 2012 pukul 14:29

    teman yang maniak lontong balap yang uenakkkkk . di taman pondok jati masuk kekiri dekat jembatan tol .jl patua. spanjang dkt bumi marinir depan pabrik genteng ….. tak jamin istimewa

  13. 10 April 2013 pukul 10:47

    Emang mantap nih Racing Long Rice (lontong balap versi inggris)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: