Beranda > Roda Dua, Roda empat > Sejarah Ban

Sejarah Ban

Mbah : gugel

Pagi – pagi ketika mau berangkat ke kantor melihat ban mobil kempes, wah berabe neeh, tak cek ternyata pentil tubeless dah soak, ya wis tak pompa manual yang penting ada angin terus buru – buru  biar nyampe tukang tambal ban.

dibenak pikirian siapa sih orang yang pertama buat ban? pertanyaan iseng muncul ndadak :mrgreen: tak  searching  “ban” kata mbah wiki

Sejarah

tahun1839 Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasi melainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company mulai berdiri di tahun 1898 ketika Frank Seiberling membeli pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan uang yang dia pinjam dari salah seorang iparnya.

Jenis – Jenis Ban

Ban Bias

Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.

Ban radial

Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai “Rolling Resistance” yang kecil.

Ban Tubeless

Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990.

Bisa kita bayangkan ban merupakan penemuan terbesar manusia semua pekerjaan lebih mudah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus  dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Hmm terjawab sudah mbah ndoro kakung charles goodyear yang awalnya meracik sebuah ban. yang bisa kita rasakan manfaatnya bagi seluruh orang di dunia😀

  1. 2 September 2010 pukul 13:28

    Bentuk Ban kok bunder kenapa hayo booz?

    • 2 September 2010 pukul 13:37

      ^ mas watu
      Kalo kotak ntar dikira bantal wkwkwk

  2. 2 September 2010 pukul 13:40

    Hehe iya juga ya. Cendol anget buat agan :mrgreen:

  3. 2 September 2010 pukul 17:21

    ohh baru tahu saya….lah kalo Ban talan susu itu yg penemunya siapa??:mrgreen:

    • 3 September 2010 pukul 09:07

      ^ Lingga
      Penemunya disinyalir Asmarantaka:mrgreen:

  4. 3 September 2010 pukul 00:17

    model bannya yg paling kanan keren. maaf nggak baca, cuma liat gambar… qiqiqiqiqi…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: