Beranda > Tak Berkategori > Oli Diesel Bagus untuk Sepeda Motor ?

Oli Diesel Bagus untuk Sepeda Motor ?

Bahas oli diesel aah… hmm artikel ini masih menjadi pertanyaan besar buat saya pasalnya mas u’ut juragan motor antik bojonegoro menerapkan ke seluruh motor antiknya yang notabene mesin jadul ber cc besar,  hmm secara teknis olie disel memiliki sifat oksidasi oli dan penumpukan deposit tapi hal ini sudah dibuktikan oleh mas u’ut prinsipnya begini : motor tua ber cc besar adalah mesin yang cepat panas sebab masih menggunakan teknologi berpendingin udara dan tidak menggunakan pendingin cair. 

Semua jenis oli pada dasarnya sama. Yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan. Untuk beberapa keperluan tertentu, aplikasi khusus pada fungsi tertentu, oli dituntut memiliki sejumlah fungsi-fungsi tambahan. Mesin diesel misalnya, secara normal beroperasi pada kecepatan rendah tetapi memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan dengan Mesin bensin. Mesin diesel juga memiliki kondisi kondusif yang lebih besar yang dapat menimbulkan oksidasi oli, penumpukan deposit dan perkaratan logam-logam bearing. dari pernyataan tersebut akankah hal olie diesel tidak cocok buat motor akan terbantahkan? faktanya mas u’ut menguji ketahanan mesin dari Bojonegoro – Jakarta – Bojonegoro tanpa mengalami kendala mesin. penasaran sih gimana kalo tak coba ke mesin vixion ku ya? hmm jujur saya masih agak ragu, Harley Davidson  mas u’ut saja pakai olie diesel kok… apalagi cuma sebuah vixion hehehe hmm…. artikel ini cuma  cari penyakit aja… oli mesin buat motor sekarang bagus – bagus   kok.. ngapain sampe mikir pake olie diesel sih? tenang juragan…. just sharing pengetahuan aja kok, mungkin juragan punya pendapat yang berbeda dengan olie diesel buat motor ? mari di share

About these ads
  1. 18 November 2010 pukul 21:57 | #1

    page one mas.

  2. 18 November 2010 pukul 22:06 | #2

    sepengetahuan saya. kekentalan atau viskositas oli diesel tinggi. kalau diaplikasikan ke motor gede untuk membantu pendinginan, sepanjang yang punya ndak mempermasalahkan, sy kira nggak papa.

    semisal kasus : sy dulu pakai oli ToP 1 buat mobil di Sepeda motor Prima, karena sering PP Malang-Madiun. Oli mobil yg lebih kental membantu mendinginkan mesin Prima saya yg sudah oprekan(gampang panas).

    Sekarang seiring semakin bertambah majunya teknologi oli, karena hobi touring dan mesin scorpio gampang panas. saya prefer ke Shell advance SX yang memiliki viskositas ganda. Jreengg.. dalam keadaan dingin, dan tidak gampang menguap jika panas.

    pernah juga ditawari pake oli Repsol, tapi sy belum berani coba. karena denger2 oli tersebut bagus buat tarikan, namun gampang menguap jika terkena mesin yang kepanasan sewaktu touring.

    Lain halnya jika memakai Oli mesran. Untuk awet2′an nggak masalah, cuman berat di tarikan bila mesin masih dingin.

    kok akehmen komentarku??qiqiqi..:mrgreen:
    kapan2 tak copyne buat artikel di blogku dewelah…hehehehe

    • 19 November 2010 pukul 05:41 | #3

      oce mas just sharing aja kok, nah sesuatu melawan arus / tidak pada tempatnya pasti ada reaksi ” Gila lu kerjaan gitu kamu lakukan !!!” hmm disinilah sebenarnya tujuan sharing, saling memberikan info untuk kemaslahatan ummat ( halah ) :mrgreen:

  3. 18 November 2010 pukul 23:37 | #4

    wew….beda formulasi bro!! kalo ente pake mediteran sx di bsa mungkin pengaruhnya kecil…tapi kalo pake mediteran sx di mesin vixy….siap2 totalan ajah..bukan menakut-nakuti!!

    begini ceritanya….
    motor2 tua punya 2 oli..1 oli mesin dan 1 oli gearbox…mirip matic lah…oli meisn cuma gelumasi seutaran piston dan kruk-as…nah oli gearbox ngelumasin gigi2 transmisi…disini hampir semuanya pake kopling kering!! cek hade deh..

    nah rpm motor2 tua juga gak lebih dari 5000rpm..soale dia menerapkan long stroke +push-rod

    beda kasus ama motor moped!! dia berkitir di 8000rpm dengan tipe kopling basah…bisa gosong tuh..soale oli diesel tidak diformulasi buat ngelumasin kopling!!

    sekedar saran ajah..kalo mau trial eror entar begawan dikasih reportnya kalo masuk bengkel…wekekeke

    • 19 November 2010 pukul 05:33 | #5

      bhuahaha totalan? i like it !!! :mrgreen: thanks dah ngasih advis, iseng aja to use dengan mesin motor baru, yup trial and error adalah konsekwensi, akal sehat menentukan sebuah keputusan

  4. 19 November 2010 pukul 05:42 | #6

    pernah pengalaman juga sewaktu di desa mengisi oli Grand dengan penzoil tapi buat mobil. memang tidak terasa efeknya. maklum motor di desa dengan jalan masih jelek, feeling terhadap motor agak kurang. sampai kemudian ganti pake oli resmi juga tidak pernah ada masalah.
    setelah suka baca-baca tentang motor, ternyata hal tersbut salah karena sama dengan penjelasan pakar mesin di ats.
    oli mobil tidak dibuat untuk mesin kopling tipe basah

    nitip ah:
    http://maskurmambangblog.wordpress.com/2010/11/19/posisi-as-roda-depan-pada-telescopic-fork/

    • 19 November 2010 pukul 05:58 | #7

      yup setuju pak imam, please don’t try at home

      oli mobil tidak dibuat untuk mesin kopling tipe basah

  5. 19 November 2010 pukul 05:50 | #8

    klu metik sekarang kan olinya encer kalau ganti yang agak kentel gimana ya:?:

    kalau turing jgn lupa

    http://rosso99.wordpress.com/2010/11/18/pake-helm-bro/

  6. 19 November 2010 pukul 07:56 | #9

    Wah dl saya jga pernah pake buat vega. Kebetulan lg emergency karena oli bocor dan lg gk punya stok d rumah. Tarikan jadi berat mas, rasanya aneh lah, ktnya bsa bkn selip kopling juga

    • 19 November 2010 pukul 09:35 | #10

      wah pernah make ya mas walaupun sebentar karena emergency hehehe

  7. 19 November 2010 pukul 08:40 | #11

    Olie sayah masih kental bro walaupun sudah tua kikikikikiki…. gak perlu diganti yoh :lol:
    saran: pakailah olie yang direkomendsikan pabrikan..bukan yang lain….

    • 19 November 2010 pukul 09:32 | #12

      inggih mbah, mboten perlu digantos selain rekomendasi pabrik :mrgreen:

  8. 19 November 2010 pukul 10:05 | #13

    Kan oli khusus buat HD udah ada di pasaran, koq masih pake yg laen yah ???

    • 19 November 2010 pukul 10:36 | #14

      hehe inilah sisi uniknya pak mitra, tuh HD fine – fine ajah :mrgreen:

  9. Dani Ramadian
    19 November 2010 pukul 10:39 | #15

    Uli-q sik lumayan kok…
    Masio sering kêcécéran ndik ndi²

    buahahahahahaha

  10. 20 November 2010 pukul 15:32 | #18

    kawak kaze temen saya klo nggak pake oli mesran nggak enak katanya…

  11. 24 November 2010 pukul 09:26 | #19

    motor tua kan emang butuh oli yg lebih kentel..kalo dikasih oli jaman sekarang malah ambrol mesinnya..oli sekarang malah semakin encer aja..contoh nyatanya oli Honda sekarang beda ama yg duluu…sekarang mah encer bner :mrgreen:

    • 24 November 2010 pukul 09:49 | #20

      betul sekali, motor tua itu cepet panas, maka diperlukan oli yang lebih kental macem olie diesel :mrgreen:

  12. Ainsley
    24 November 2010 pukul 13:16 | #21

    wah wah wah…. jangan dah bro….. oli motor yang pakenya oli motor masa motor dipakein oli mobil saran guah dari pada pake oli diesel cuma untuk cari kekentalan mendingan pake yang SAE 20W-50, Buat Motor Harley and Davidson aja pake nya yang SAE 20W-50…. kan banyak yang keluarin oli 20W-50 ada top one, shell, castrol, pertamina, dll.

    tapi mau pake oli sebagus apapun kalo motor ga dirawat, alias service rutin dan sering gonta ganti oli, JAMINAN MUTU kinerja motor ga akan bagus

    • 24 November 2010 pukul 14:12 | #22

      Hmm… trims advis nya mas Ainsley, beda pendapat sah – sah saja kok

  13. aan
    21 Januari 2011 pukul 00:12 | #23

    seandaiya motor mio dimasukin oli diesel pengaru g kemesin?kan menganut sistem kopling kering

  14. aan
    21 Januari 2011 pukul 00:15 | #24

    mio bisa g pake oli mobil kan dia pake kopling kering

  15. b6863tsv
    29 September 2011 pukul 16:16 | #25

    sori nih sedikit nimbrung, saya juga pake oli diesel untu motor saya yaitu supra X125R tahun 2008, memang awalnya berat tarikan di seminggu pertama tapi setelah lebih dari 500Km, motor saya jadi ngacir dan Torsinya lebih terasa dan aga sulit waktu di top speed aja ko tapi selebihnya ga ada maslah.
    malah pada saat kondisi motor panas banget motor masih bisa digeber tapi klo dibandingin saya pake oli 4tak biasa seperti sh*ll dan endu*o dikilometer 1800an udah ga enak banget dan sekarang oli yang saya pakai sudah dikilometer 2000an masi sehat dan ga terlalu hitam

  16. b6863tsv
    29 September 2011 pukul 16:21 | #26

    nimbrung dikit nih, saya juga apke oli disel ko pake motor supra X 125R tahun 2008 oli diselnya meditran S, memang di semingu pertama tarokan motor aga berat(ga berat bgt ko)tapi setelah pemakain sekitar 800an Km motor udah bisa adaptasi dengan bagus, malah dengan kondisi motor yang panas torsinya juga semakin bagus untuk digeber sebagai catatan diganti setelah 3000km dan saya baru pakai dikisaran 1900an lah..

    gimana anda tertarik…???

    • 30 September 2011 pukul 09:50 | #27

      ok sip… sip.. mas :-D, bagaimana brother sekalian?

      • Nurman Ambar Wiranto
        15 Februari 2012 pukul 12:32 | #28

        banyak club2 motor yang sudah beralih dari oli motor biasa pindah ke oli diesel coba tanya aaja sama club motor bebe yang sering kopdar dikwasan timur senayan.

  17. 5 Oktober 2011 pukul 13:04 | #29

    motorku pake oli fastron diesel 15w-40 API CI-4 SL, enak kok mas bro, motor kymco 150cc, oli girboksnya oli gardan SAE90 sesuai petunjuk pabrikan :D

  18. DANANG
    12 Oktober 2011 pukul 21:41 | #31

    Saya pake supra fit tahun 2005 akhir,,dari tahun 2008 saya pake oli PERTAMINA MEDITRAN S DIESEL sampe skrg … ga ada masalah tuh mesin masih cling,,malahan umur olix lebih awet ketimbang oli motor 4 tak biasa…mmg tarikan mesin agak berat+aga boros tp seboros2 nya honda ttp aja irit.. semoga membantu :D

    • Nurman Ambar Wiranto
      15 Februari 2012 pukul 12:33 | #32

      untuk mas danang ko bisa pake yang SX aja mas motor jadi ga berat dan tarikanya enteng bgt tadinya saya pake yang S tapi setelah 2000km langsung saya ganti sama yang SX malah tambah ngacir…

  19. Bathman
    25 Oktober 2011 pukul 08:23 | #33

    Wow.. mantap sih btw ada info gak klo dah pake oli diesel gak da apa2 tapi daleman mesin gimana kondisinya ? soalnya pernah baca Oli diesel itu mengandung penambahan aditif deterjen (pembersih) dan dispersant (pengikat kotoran) dimana memang bisa utk bensin (utk darurat saja) tapi krn bahan bakar diesel mengandung sulfur yg tinggi yg membentuk seperti jelaga (kayak penggorengan pake minyak tanah gitu) maka butuh itu deterjen dan dispersant yg banyak, jadi klo sulfur (pada bahan bakar bensin yg memang sedikit) di netralkan dg oli diesel tidak terlalu banyak, akan mengakibatkan adanya residu alkali yang justru bersifat abrasif pada mesin bensin. dan Terjadi foaming, karena sifat detergent adalah membentuk foam, jadi perlu treatment anti foam. Jika terjadi foam maka lapisan2 film (filter oil) akan tergeser oleh foam yang tidak memiliki sifat lubrisitas. Jadi akan terjadi metal to metal contact. bro.
    Mohon pencerahannya. (Source : http://www.migas-indonesia.com/index.php?module=article&sub=article&act=view&id=7415)

  20. akhmad
    26 Desember 2011 pukul 11:01 | #34

    maaf ikutan nimbrung saya akhmad dari kudus hidup di jkt dari th 1989,profesi teknis elektronik pernah ngajar di stm teknik mesin ,saya mau ulas masalah olie tapi waktu kurang nih buat menulis nya ,jadi saya hanya mau tukar info aja mengenai motor saya CS-1 th 2008
    semenjak service gratis habis,saya langsung ganti sendiri olie dg merk pertamina fastron semi sintetis yg label nya warna biru tua,karena ada 3 nih yg pertama natural (kuning)terus semi sintetis (biru tua)dan full sintetis (biru muda) yg full sintetis mahal dan untuk pemakaian harian kurang cocok,sampai th ini 2011 bulan desember tidak ada masalah sama sekali ,saya coba bongkar untuk periksa kopling,dan piston tidak ada masalah cuma ring piston mesti ganti,setelah menempuh jarak 1400km depok kudus pp (pulang kampun saya) ,dan depok jampang kulon,800 km pp( kampung istri) dan di pakai kerja 70 km pp setiap hari kerja jarak dan hasil pemeriksaan mesin setelah di bongkar yg saya peroleh ring kompresi dan ring billas olie 0,7mm dan tercatat di odometer 54.000 km.pemakaian 3,5TH kurang lebih,dan baru ganti ban belakang motor 5x depan 3x. salam buat para experimental dan tidak brutal tapi punya dasar perhitungan yg di rumus kan dan bisa di buktikan tidak berdasar pesan sponsor, good pertamina fastron semi sintetis for CS-1 honda, mudah mudahan bermanfaat jika pingin bukti datang ke rumah aku,depok sengon rt 04 rw 10 no 46 pancoran mas

  21. Nurman Ambar Wiranto
    4 Februari 2012 pukul 11:08 | #35

    Untuk bro Danang klo mau aga enteng jangan pake yang meditran S bro ganti yang Meditran SX aja atau minimal SC karena lebih enteng dan tarikannya enak jauh malah motor saya berani adu dengan mego pro walaupun kaah topspeed tapi akseleerasi boleh adu sama bebek2 yang abru keluar, klo ga percaya, terkadang pabrikan ada yang ditutupin soal oli karena pemakain oli diesel itu panjang dan mesin jadi halus bgt, saya ganti oli setiap 4500-5000Km tergantung lagi touring atau ga..saya juga tau dari orang yang lNgsung kerja di AHM Pusat Kelapa gading.
    ga percaya silahkkan buktikan jangan teori aja karena sudah ada buktinya..
    inget pemakainya khusus motor diatas 2008 tapi 2005 udah ada yang pakai juga ga ada masalah..
    so The best Oil diesel Performance…

  22. Nurman Ambar Wiranto
    4 Februari 2012 pukul 11:11 | #36

    Oli Diesel Untuk Mobil Bensin?

    Redaksi Yth. Saya ingin menanyakan tentang penggunaan Oli Pertamina. Mobil saya Toyota Soluna th 2000, saya mulai pakai dari th. 2005. Sekitar 3 tahun terakhir ini saya pindah ke oli Meditran SX 15W-40 karena untuk spek seperti itu harganya paling murah, sementara performanya juga cukup baik. Pertanyaan saya adalah: 1. Adakah dampak/bahaya penggunaan oli diesel tersebut pada mesin bensin dalam jangka panjang? Untuk penggunaan di mobil bensin, oli pertamina apa yg setara kualitasnya dgn Meditran SX? 2. Dalam berapa KM saya harus mengganti Meditran SX pada mobil saya tersebut? Dulu mobil sering untuk luar kota (Semarang-Jakarta) tapi sekarang lebih banyak dalam kota. Selama ini saya ganti tiap 5000 km. 3. Apakah Fastron Diesel bisa dipakai untuk mobil saya? Berapa KM jarak penggantian olinya? 4. Untuk oli motor (saya pakai Enduro Racing utk Jupiter MX), tiap penggantian oli ada sisa 200 ml. Jika 4x ganti oli, sudah terkumpul 800 ml. Amankah jika oli tersebut dipakai untuk mengisi oli motor saya? Adakah kerusakan pada struktur molekul oli jika berada dalam kondisi botol sudah pernah terbuka/terkena O2? Terimakasih atas jawabannya.
    M. Agung Wahyudi-(mas_agung_wahyudi@yahoo.com)

    Jawaban: Terima kasih atas kepercayaan Mas Agung beralih ke produk pelumas Pertamina. Pada intinya oli mesin bensin maupun diesel bisa saling digunakan. Coba Mas Agus perhatikan, seringkali dalam kemasan pelumas ada pertanda API S…/C…, artinya oli tersebut dapat digunakan untuk mesin bensin dan diesel. Nah untuk Meditran SX, di laboratorium kami telah mengujinya hingga 10.000 km dan itu pun masih baik. Namun di pemakaian riil yang kemungkinan terkena macet, idealnya antara 5.000-7.000 km. Jika Fastron Diesel di lab mampu 15.000 km, riil hendaknya antara 10.000 km saja. Tentang oli sisa, pada intinya jika penyimpanannya baik dalam kondisi tertutup, oli akan tetap layak pakai. Salam

    NB: Bagi Anda yang mengajukan pertanyaan bisa mengirimkan email ke redaksi@pertaminaracing.com, atau mengisi form di bawah ini.

    Ini ada pertanyaan daro orang yang sudah lama bgt pake oli diesel..
    buktikan sendiri…

  23. red82
    1 Maret 2012 pukul 10:27 | #37

    skrg lg coba meditran sx.. udah sebulan ini pakai dan sudah masuk di km 900… yang terasa tarikan lebih enteng dan panas mesin tidak belebih.. relatif lebih dingin…

  24. Hadi
    26 Agustus 2012 pukul 13:06 | #38

    Oli diesel yang saya tes di motor saya Fastron Diesel 15w40 API CI4, hasilnya mengejutkan, performa motor kyk balapan terus, makin dikebut makin dahsyat larinya. dan ga ada masalah kanvas kopling, aman2 aja. Oli ini bisa dipakai buat balap, touring, dan pemakaian sehari2.

  25. Fdhln12
    15 Oktober 2012 pukul 23:26 | #39

    Motor saya pulsar 135
    oli pake mesran B 40 mendapat rekomendasi dari sodara saya yang pake juga di motor2 nya .

    Kesan Pertama kali waktu pake oli ini
    1.ceklek stater mesin *brruumm mesin halus euy
    2.mesin lebih dingin dari pada waktu pake enduro 4t non racing
    3.tarikan berat di awal ketika mesin dingin , 5menit dipake jalan langsug ngacir
    4.makin panas mkin enak
    5.oper gigi lebih smooth dari enduro 4t non racing
    6.belum nemu yg namanya selip kopling padahal udah 3000km jalan

  26. 5 Desember 2012 pukul 09:30 | #40

    Saya pakai meditran S untuk Yamaha Crypton 97. Pernah coba kembali ke Castrol, tapi baru 2 hari sudah saya ganti lagi dengan Meditran S, karena suara mesin terdengar berisik sekali.

  27. Luna
    12 Desember 2012 pukul 01:21 | #41

    ya kalo HD kan masih teknologi OHV macam Truk, bus, dan Kijang Super / Kijang kapsul 1.8

    jadi wajar pake oli Diesel Single grade, karna celah2 tu mobil teknologi Ohv cenderung lebih lebar karna mementingkan durabilitas.

    sdangkan Vixy kan teknologi mesin baru Sohc 4Valve. dari sekagi teknologi dah 1.5 step lebih maju dari mesin Ohv. kalo 2 step mesin dohc. hehehe………

  28. arief djaja
    17 Juni 2013 pukul 12:57 | #42

    salam kenal….
    tunggangan saya jup mx 06(yg bkn kopling) pelanggan setia oli diesel dari 2007 sampe sekarang, pakai oli diesel medistran sx SAE 15w-40 kadang ganti oli diesel caterpillar dg SAE yang sama klasifikasi yg laen jg mirip API service sl, jaso ma, acea b3/b4 (maklum ini oli gratisan …boleh nuang dari stock oli genset di kerjaan) performa ampuh tarikan mantabs utk nyelip bis dan truck khas jalanan bogor sukabumi…PP seminggu sekali jkt-sukabumi sktr 250km selain buat kerja harian depok-jkt. ganti oli 2 bulan sekali.

    salam oli D.I.E.S.E.L

  29. kino sukino
    5 Agustus 2013 pukul 11:04 | #43

    setelah baca blog ini ane jadi ngidam nyoba oli diesel buat motor ane, motor ane shogun 110 tahun 2000 dah tuwir, makanya ane berani nyoba nyoba kalo rusak juga nga terlalu saki ati, setelah tanya tanya soal oli diesel sama pakde google ahirnya ane putusin beli oli diesel mesran b40, waktu ane beli di SPBU pejualnya bilang kalo itu oli buat diesel ( dia liat ane datang pake motor ).

    Setelah ane ganti oli lama ane mesran super pake mesran b40, perbedaan yang ane rasa sama tuh motor:
    1. Suara motor emang lebih alus sedikit
    2. Tarikan motor juga lebih enak sedikit.
    3. Nah..yang paling berasa beda banget adalah kick stater motor jadi empuk bener & motor jadi lebih gampang idup.

    Sekian dulu laporan dari ane, nanti kalo dah beberapa kali ganti oli pake oli diesel ane kabarin shogun ane, jadi tambah ngacir atawa masuk bengkel.

    Sekian peace…

  30. joko
    28 September 2013 pukul 21:59 | #44

    dalam jangka panjang, menggunakan oli diesel dapat merusak mesin kalau tidak hati hati dalam memilihnya.

    yang perlu di cermati perbedaan oli bensin dan diesel adalah TBN oli tersebut, untuk bensin berkisar 6-7 sedangkan diesel sekitar 10-13,

    fungsi tbn ini sendiri adalah untuk menetralisir asam dari sisa sulfur yang terbakar di BBM, yang masuk keruang mesin. jadi tbn adalah tingkat basa dari suatu oli agar oli tetap netral saat tercampur gas hasil pembakaran yang mengandung asam

    jika oli terlalu asam = mesin akan terkikis (seperti pisau di celup kedalam cuka)
    dan dapat membuat oli berubah menjadi lumpur (TBN mendekati angka 2)
    jika oli terlalu basa = besi didalam mesin akan melunak akibatnya cepat tergerus.

    oli diesel yang bisa dipakai dimotor itu kalau ring piston sudah renggang, akibatnya gas pembakaran banyak masuk keruang mesin=sulfur banyak mengendap di oli mesin
    contoh motor besar antik.

    atau kalau masih ngotot pakai dimotor baru. gunakan oli diesel untuk mesin diesel common rail karena mesin diesel modern ini menggunakan solar low sulfur (contoh pertadex)

    tentunya oli yang digunakan TBN dibawah 10 / mendekati oli mesin bensin
    contoh spek API CH4 <- kode 4 artinya sudah euro 4 jadi low sulfur=low TBN

    salam dari pengguna mesin diesel. he he he

  31. 1 Desember 2013 pukul 04:08 | #45

    I want to show my appreciation to you for bailing me out of this type of circumstance.
    Right after looking out throughout the world-wide-web and
    getting basics which were not helpful, I assumed my life was
    done. Being alive minus the answers to the issues you have sorted out through the post is a crucial case, and the ones that could have negatively affected my career if I hadn’t come across your
    site. Your primary mastery and kindness in playing with every item was excellent.
    I am not sure what I would’ve done if I hadn’t encountered such a stuff like this.
    I am able to now look ahead to my future. Thanks for your time so
    much for your professional and amazing guide. I will not hesitate to propose your site to
    anyone who ought to have tips about this problem.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 243 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: